Quote:
Quote: |
Quote:
Spoiler for jepang: 1.tokaido shinkansen – jepang jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta cepatnya shinkansen (kereta peluru) pada tahun 1964 untuk melayani rute tokyo-nagoya-kyoto-osaka, dan kecepatannya "hanya" berkisar 201 km/jam (di tahun itu udah yang paling kenceng). Tiap jalur memiliki nama-nama sendiri (tokaido, tohoku, dll), dan tiap jenis keretanya diidentifikasi dengan sebuah julukan (nozomi, hikari, dll). Hampir 40 tahun sejak diluncurkan pertama kali, shinkansen sudah mengangkut 6 miliar penumpang tanpa ada kecelakaan berarti. Rute shinkansen juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi, seperti rute tokyo dan shin-osaka yang bisa dilewati enam kereta per-jamnya (bukan per-hari!). Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
|
Quote:
Spoiler for perancis: train a grande vitesse (tgv) – perancis diresmikan pada awal tahun 80-an, tgv melayani rute lyon dan paris, setelah suksesnya rutenya kemudian ditambah ke kota lain di perancis bahkan ke negara lainnya. Kereta ini dibangun oleh alstrom sa - perusahaan pembuat kereta terbesar kedua di dunia. Kereta generasi barunya tgv v-150 memecahkan rekor kecepatan untuk kereta beroda konvensional pada kecepatan 515 km/jam. Kereta ini menggunakan supercharged engine dan meiliki roda kereta yang besar. Rekor barunya saat ini mencapai 574,8 km/jam Quote:
|
Quote:
Spoiler for jerman: intercity express (ice) di awal tahun 90-an jerman meresmikan kereta cepatnya untuk melayani rute hannover, wurzburg, mannheim, dan stuttgart. Kereta ini dibangun oleh siemens dan mencapai kecepatan 280 km/jam. Jerman juga membangun sendiri kereta maglev-nya transrapid yang mampu mencapai kecepatan 550 km/jam tapi sayangnya pernah mengalami kecelakaan pada september 2006 di dekat kota lathen dan menewaskan 23 penumpangnya. Quote:
Quote:
|
Quote:
Spoiler for china: |
Quote:
Spoiler for korsel: korean train express (ktx) tahun 2004 korsel menjadi negara kedua di asia disamping jepang yang membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan beberapa kota utamanya. Teknologi ktx mengadopsi teknologi tgv (kereta cepat asal perancis). |
Quote:
Spoiler for taiwan: taiwan high speed rail setelah beberapa tahun penundaan, akhirnya taiwan high speed rail diresmikan penggunaannya pada tanggal 5 januari 2008. Kereta cepat ini dibangun dengan basis teknologi jepang shinkansen dan memendekkan waktu tempuh dari taipei menuju kaoshiung menjadi 90 menit dari sebelumnya yang 4 jam. Quote:
Quote:
|
Quote:
Spoiler for itali: direttissima itali resmi meluncurkan kereta cepatnya untuk rute roma dan florensia dengan kecepatan 254 km/jam. Quote:
|
Quote:
Spoiler for inggris: eurostar kereta cepat ini dioprasikan tahun 1994 dan melayani rute dari london ke perancis dan belgia (melalui terowongan bawah laut). Dari london ke paris menggunakan kereta ini memakan waktu 2 jam 35 menit. Kecepatannya saat ini mencapai 300 km/jam. Quote:
|
0 komentar:
Posting Komentar